Aneka Info Unik: Walau Eksekusinya Ditunda, Koran di Filipina Tetap Beritakan Mary Jane Tewas

Aneka Info Unik
Memuat aneka informasi unik dan menghibur di Indonesia dan dunia 
thumbnail Walau Eksekusinya Ditunda, Koran di Filipina Tetap Beritakan Mary Jane Tewas
Apr 30th 2015, 02:03, by Kristian Ambarita

Sebagian surat kabar di Filipina memberitakan Mary Jane sudah dieksekusi mati

Sebagian surat kabar di Filipina memberitakan Mary Jane sudah dieksekusi mati. (Foto: Getty Images)

Penundaan eksekusi mati Mary Jane Veloso pada saat-saat akhir pada Rabu dini hari 29 April 2015, memang mengejutkan. Hal ini juga membuat kerepotan media cetak atau koran di Filipina yang tidak sempat mengganti headline karena lewat dari waktu deadline atau batas akhir untuk terbit.

Alhasil, seluruh surat kabar Filipina yang terbit pada Rabu pagi terlanjur memberitakan kematian Mary Jane atau menyalahkan pemerintah Filipina yang gagal menyelamatkan nyawa perempuan itu.

Harian ternama Filipina yang berbahasa Inggris, Daily Inquirermasih menurunkan berita utama dengan judul dramatis “Kematian Datang Sebelum Fajar” dilengkapi foto besar Mary Jane, yang kasusnya menjadi perhatian besar negeri kepulauan itu.

Sementara itu, tabloid terlaris di Filipina yang berbahasa TagalogAbante juga menurunkan berita dengan tema kurang lebih sama. Dilengkapi foto Mary Jane yang tertunduk lunglai, Abantemenurunkan berita utama dengan judul “Selamat Jalan, Mary Jane”.

Sedangkan tabloid lainnya, Standard memilih untuk menyalahkan pemerintah Filipina yang gagal menyelamatkan Mary Jane. “Pinoy Harus Disalahkan” demikian kepala berita Standard dengan menggunakan nama panggilan Presiden Benigno Aquino.

“Semua Harapan Pupus” demikian berita utama harian Manila Times, sementara Manila Bulletin lebih memilih judul yang lebih ringan “Kami Mengharapkan Keajaiban” dan “Tak Ada Penundaan Eksekusi”.

Seperti telah diberitakan sebelumnya, menurut rencana sembilan terpidana mati kasus narkoba, termasuk Mary Jane Veloso, seharusnya menjalani eksekusi mati di Nusakambangan secara bersamaan.

Namun, setelah perekrut Mary Jane menyerahkan diri kepada kepolisian Filipina ditambah lobi politik yang dilakukan Presiden Benigno Aquino membuahkan hasil. Akhirnya, Presiden Indonesia Joko Widodo mengabulkan penundaan eksekusi mati Mary Jane, meski kabar penundaan itu tiba di Nusakambangan hanya satu jam sebelum eksekusi dilaksanakan.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 Response to "Aneka Info Unik: Walau Eksekusinya Ditunda, Koran di Filipina Tetap Beritakan Mary Jane Tewas"

Posting Komentar